Thursday, September 11, 2008

Pencuri Nyasar......

Kisah ini menyentuh hati penulis dan kisah ini nyata tidak ada maksud penulis untuk merekayasa dalam memuat kisah ini. Awalnya kejadian itu terjadi disaat pagi buta dimana orang sibuk menyiapkan santap sahur. pada waktu itu saya merasa terkejut ada teriakan " hei.......maling.2x!" dengan segera dan terbata-bata saya intip dari jendela ada apa gerangan diluar rumah sana. Ternyata ada orang yang mondar-mandir di jalan. saya bergegas untuk membuka pintu dan menanyakan pada tetangga sebelah.

P (penulis) : Wah ada apa nich kuk rame sekali?
T(tetangga) : Ada pencuri tadi sempet mau naik pagar ini.
P (penulis) : Memangnya pencurinya masih disini?
T (tetangga) : Tadi lari dari arah timur ke barat .

Akhirnya dengan kondisi yang sangat ricuh orang berkeliaran mencari dimana pencuri itu, akhirnya saya kembali masuk kedalam rumah. Waktu itu, tepat kurang beberapa menit lagi memasuki waktu imsyak. setelah saya persiapkan untuk menyambut waktu imsyak dengan minum susu milo (rutin loh) dan menghisap sebatang rokok. diluar terdengar orang ribut-ribut. rupanya sekumpulan warga masih penasaran mencari pencuri itu dan akhirnya smakin ramai orang berdatangan dan saya mencoba keluar untuk melihat apa yang terjadi.


Ya Allah....pencuri itu ternyata bersembunyi didepan rumah.(2 rumah tepat dirumah saya). Bak...bukk.@_@!!## (biasa masyarakat main hakim sendiri). dengan cepat saya hampiri kerumunan warga dan menyampaikan " sudah pak...sudah jangan dipukuli terus dan mohon di bawa ke DanIntel, kebetulan rumah saya tak jauh dari Markas DanIntel. masih enak nggebukin tuh maling, sampai akhirnya mereka tidak menyadari apa yang mereka lakukan kepada pencuri tersebut adalah "SALAH" dan merupakan tindakan yang tidak mencerminkan suasana yang begitu indah dan damai.
Setelah salah satu ada yang membawa pencuri tersebut ke Pak RT dan DanIntel, maka seluruh warga dikampung saya masih belum bubar dan saya tanyakan :

(P) : Memangnya apa yang dicuri Pak?
(T) : Tidak ada.
(P) : Loh jadi tadi pencuri dari mana?
(T) : Pencuri dari RT 19 (lain RT)
(P) : OO.......sambil bergumam dihati "@_@ "

Saya kembali masuk ke rumah, karena Adzan Subuh sudah dikumandangkan dan sayangnya....masih ada warga yang berkumpul di depan rumah tanpa mengindahkan Seruan atau Panggilan untuk menunaikan ibadah shalat.

Betapa malangnya nasib si pencuri tadi yang nyasar dan sembunyi di kolong samping rumah tetangga. setelah di identifikasi ternyata belum ada sempet yang dicuri. (Mau nyuri keburu ketahuan kali.....).

Uch.....dibulan yang suci dan penuh ampunan ini, masih ada orang yang berbuat tega mengotori bulan ini. secara analisa saya : dalam kejadian tersebut ada 2 kesalahan yang disebabkan oleh :

1. Pencuri
Nekat melakukan tindakan yang kurang terpuji. kita tidak pernah tau apa alasan pencuri tersebut mau melakukan tindakan tersebut.

2. Masyarakat
Tidak ada rasa kemanusiaan terhadap manusia yang main hantam dan hakim sendiri. secara psikis warga belum bisa mengambil hikmah di bulan ini, yaitu pengendalian diri.
(Sehabis sahur mo puasa kan). hmmm...mmm. Allahu Akbar!!!
Semoga dengan hikmah ini, kita dapat menjadikan diri kita selalu ingat akan Allah dan menjauhkan diri dari kekuasan lingkaran setan yang menjadikan diri kita lupa dan tidak dapat untuk mengendalikan diri kita sendiri.

wallahu alam bi shawab.



No comments:

Post a Comment

Komentar anda sangat kami butuhkan untuk dapat memperbaiki semua artikel maupun tulisan. tentunya komentar yang bernilai positif yang kami harapkan.

Mohon komentar di isi sesuai dengan topik yang ada pada blog ini,jawaban dari penulis akan dikirim via email anda. terima kasih