Thursday, September 11, 2008

7 Cara efektif & etika dalam berkomunikasi

Dalam tips kali ini, penulis mencoba sharing mengenai cara2 berkomunikasi yang efektif. Komunikasi sangatlah penting bagi kita untuk dapat menyampaikan suatu informasi ataupun sebaliknya. Akan tetapi bukan sembarangan dan komunikasi yang sifatnya ngawur.

Banyak komunikasi yang "Hambar" dan kesannya tidak ada kesinambungan antara satu dengan yang lain. Hal ini disebabkan karena si-penyampai tidak mengerti dan terlalu muter-muter tidak langsung pada pointnya.

Apapun yang ingin disampaikan (informasi), seharusnya dapat dan mudah dimengerti serta mendapatkan umpan balik yang positif, at least kita sebagai penerima tidak merasa kurang dan penuh tanda tanya.

Hal ini sangatlah penting, dalam menjalin komunikasi dengan catatan paling tidak mengetahui bagaimana cara-cara yang harus dilakukan yaitu antara lain :

1. Hindari kesan memaksa

Ketika kita berkomunikasi hindari kalimat : "Kamu harus.." baiknya diganti dengan "Sebaiknya kamu..." atau "Maukah kamu......"

2. Fokus kepada solusi bukan masalah

Ketika berkomunikasi fokuskan kepada hal yang menjadi solusi bukan masalah. Contoh : Ketika makanan di rumah habis, tidaklah efektif jika kita berkata "Aduh Lapar banget......" lebih baik kita berkata "Yuuk, beli makanan di luar......"

3. Ubah "kata tidak bisa " menjadi "bisa"

Ketika kita diminta untuk mengadakan pertemuan, lebih baik anda mengatakan "Kita bisa mengadakan pertemuannya minggu depan" daripada berkata "Kita tidak bisa ketemuan sampai minggu depan" walaupun dua kalimat dengan arti yang sama tetapi estetikanya berbeda.

4. Ambil tanggung jawab dan jangan menyalahkan

Hindari kalimat " Ini bukan salahku" lebih baik ganti dengan kalimat " Apa yang bisa saya lakukan untuk memperbaikinya"

5. Katakan apa yang anda inginkan bukan yang tidak anda inginkan
Jika anda tidak ingin seseorang menyetir ngebut, lebih baik berkata "Tolong bawa mobilnya hati-hati" daripada anda berkata "Jangan bawa mobilnya terlalu kencang"

6. Fokus pada masa depan bukan masa lalu
Jika ada kesalahan teman anda daripada anda berkata " Saya sudah bilang sebelumnya....." lebih baik diganti dengan " Mulai sekarang, kita........."

7. Bagikan informasi bukan argumen

Hindari kalimat, "Tidak, kamu salah......" lebih baik diganti dengan "Saya ingin sepeti ini......."

Dari 7 cara diatas maka kita dapat menjadikan senjata kemana kita akan ber-Komunikasi dengan nyaman dan terarah. Selamat mencoba dan rsakan nikmatnya berkomunikasi, semoga anda adalah orang yang pertama menjadi Orang yang efektif dalam berkomunikasi.

No comments:

Post a Comment

Komentar anda sangat kami butuhkan untuk dapat memperbaiki semua artikel maupun tulisan. tentunya komentar yang bernilai positif yang kami harapkan.

Mohon komentar di isi sesuai dengan topik yang ada pada blog ini,jawaban dari penulis akan dikirim via email anda. terima kasih