Thursday, September 11, 2008

Why do we have safety meeting?

Para ahli berpendapat bahwa : Adapun hasil tingkat kecelakaan yang terjadi yang disebabkan oleh kejadian atau kondisi yang sangat tidak aman. dari berbagai macam alasan, tipe dari kejadian tersebut yang tidak aman diperkirakan hampir mencapai 90% (prosentase) yang menyebabkan terjadinya sebuah kecelakaan.
Apakah anda termasuk didalam prosentase tersebut....?????


Pada bab ini, penulis mencoba menguraikan perlunya kita selalu mementingkan "Keselamatan" pada diri kita, di lingkungan baik di tempat kerja, di rumah dan dimana pun.Mengapa penulis begitu lekat mengingatkan mengenai keselamatan??? Mudah-mudahan anda dan keluarga baik teman, kerabat termasuk penulis sendiri dijauhkan dari yang namanya "BAHAYA".


Mengapa kita perlu mengadakan safety meeting? karena hal ini sangatlah penting bagi semua pihak khususnya dilingkungan tempat kita bekerja, lingkungan luas dan lain-lain. Dengan adanya pertemuan mengenai "SAFETY" maka terjalinlah komunikasi yang antara pihak Management, Safety Department dan khususnya para pekerja mengenai situasi aman dan tidak aman berjalan dengan prosedural yang baik.


Mengenai Topik yang akan di diskusikan didalam meeting, dibahas satu per satu mengenai keselamatan yang kurang dimengerti dan dipahami, baik dalam presentasi sebelumnya atau dalam prosedur-prosedur yang diberikan dan tertera pada porster-poster mengenai keselamatan dan alat-alat keselamatan kerja yang kurang dimengerti dalam penggunaanya didalam area kerja.Setiap ada informasi baru, berfungsi untuk mengurangi/meng-eliminer kejadian yang akan mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Dalam safety meeting, para karyawan dapat memberikan sejuta ide-ide kepada Supervisor mengenai hal-hal yang berhubungan dengan keselamatan kerja. Agar para pekerja akan lebih hati-hati dalam melakukan pekerjaannya dan tetap dalam kondisi "SAFE"

Adapun hasil tingkat kecelakaan yang terjadi yang disebabkan oleh kejadian atau kondisi yang sangat tidak aman. dari berbagai macam alasan, tipe dari kejadian tersebut yang tidak aman diperkirakan hampir mencapai 90% (prosentase) yang menyebabkan terjadinya sebuah kecelakaan, hal ini dikemukakan menurut para ahli. dengan diadakannya Safety Meeting ini diberikan atau diadakan untuk mengurangi tingkat atau kadar situasi yang tidak aman dengan melalukan pembelajaran, training bagi karyawan "Bagaimana mengimplementasikan di dalam pekerjaannya dengan AMAN"

Apabila anda meragukan ataupun tidak percaya , mari kita lihat potensi korban kecelakaan. untuk lebih jelasnya mari kita bahas hal-hal apa yang mempengaruhi terhadap diri anda :

1. Kematian (Death).

2. Keuangan / Biaya (Financial Cost).

3. Kepedihan dan Penderitaan (Pain & Surferring).

4. Cacat (Disability).

5. Daya Saing dalam Penawaran Pekerjaan (Competitiveness on Bidding Jobs)

Dari kesimpulan diatas, Apakah anda ingin mendapatkan hal 5 hal tersebut terjadi pada diri anda?

Dalam hal ini, Safety meetings adalah kesempatan yang paling sempurna untuk anda khususnya para pekerja dalam berkomunikasi dalam memberikan ide mengenai masalah SAFETY atau sesuatu lebih baik yang anda punya. Apabila anda tidak berpartisipasi maka ide-ide anda jangan pernah berharap untuk di dengar/diterima. siapa tahu ide-ide anda sangat dibutuhkan dan bagus untuk menyelamatkan para pekerja lainnya atau dapat menjadi milik anda sendiri.

Luar biasa untuk anda yang selalu berfikir untuk selalu memikirkan keselamatan diri anda maupun untuk teman disekeliling anda.


No comments:

Post a Comment

Komentar anda sangat kami butuhkan untuk dapat memperbaiki semua artikel maupun tulisan. tentunya komentar yang bernilai positif yang kami harapkan.

Mohon komentar di isi sesuai dengan topik yang ada pada blog ini,jawaban dari penulis akan dikirim via email anda. terima kasih